Jumat, 19 Agustus 2011

Film-film Olahraga Layak Tonton




Hai mahasiswa FIK, pernah nonton film tentang olahraga ? Cobalah tonton, karena disana kamu bisa belajar banyak tentang hal-hal yang terjadi di sekitar olahraga. Sejauh ini, film olahraga atau film tentang human movements (gerakan manusia/manusia dalam melakukan aktivitas fisik) ada banyak.

Film yang jadi favoritku selama ini adalah film Drumline. Ceritanya tentang Devon Miles (Mark Cannon), drummer jenius yang bergabung latihan Drumband di universitas AT&T. Masalahnya, meskipun jenius, si Devon ini sulit diajak kompakan karena egois dan mau menang sendiri. Ia bermasalah dengan seniornya Sean dan pelatih Drumband-nya Dr. Lee (Orlando Jones). Dr Lee terpaksa membuat keputusan men-skors Devon dari drumband karena yang penting pada sebuah band adalah kekompakan, bukan kemampuan satu-dua orang. Kira-kira bagaimana liku-liku Devon mengatasi keegoisannya sendiri, itulah yang layak tonton. Film ini bagus sekali menurutku, karena selain dipenuhi musik drumband yang membangkitkan semangat, juga ngasih pelajaran tentang teamwork dimana sebaik apapun kita tidak akan berguna bila kita nggak mau berkerjasama dengan orang lain. .




Film lain yang bikin aku nangis bombay adalah Million Dollar Baby. Sebagai catatan, ini film hanya boleh ditonton sendirian... kenapa ? karena ceritanya bagus, tapi juga sedih banget,... jadi mending tonton sendirian saja daripada malu-malu nahan tangis. Million Dollar Baby ini disutradarai Clint Eastwood yang juga berperan sebagai pelatih Frankie Dunn, dan Hillary Swank yang berperan sebagai Maggie, seorang petinju wanita berusia 30-an yang berangkat dari latar belakang keluarga miskin. Awalnya Frankie nggak setuju melatih Maggie yang dianggapnya sudah terlalu tua, tapi keteguhan hati dan sikap pantang menyerah yang diperlihatkannya membuat hati Frankie luluh, akhirnya ia melatih Maggie yang kemudian berkembang menjadi seorang petinju wanita pro.... Cerita ini sangat dewasa dan elegan, unik dan nggak umum, dan yang spesial banget juga iringan musik latarnya menggunakan gitar akustik oleh Hans Zimmer yang easy-listening sekali... nggak heran film ini menang banyak Oscar tahun 2004.


Kalau film yang mengajari aku banyak hal tentang motivasi dan kebersamaan, adalah Miracle. Film tentang olahraga hoki es ini berlatar belakang Perang Dingin saat tim USA melawan Rusia di Winter Olympics, dan pelatih Herb diberi tugas berat untuk melatih anak buahnya yang berasal dari berbagai latar belakang. Masalahnya para atlitnya ini masih cupu dan sering berkelahi satu sama lain, karena Herb memang sengaja memilih pemain hoki muda bukannya pemain pro, yang rata-rata kemampuannya masih biasa-biasa ....Satu contoh menarik dalam film ini adalah cara Herb melatih para pemainnya agar kompak, kejam sekali lho !!! (dan itu nyata, hehehe) ...kalau penasaran liat aja sendiri filmnya. ...oh ya, dan ini kisah nyata lho. Semua tokoh yang ada di film ini masih hidup sampai sekarang, kecuali pelatih Herb yang wafat di saat film ini selesai digarap.




film-film olahraga lain yang layak tonton antara lain

  • Remember the Titans (American Football) - tentang olahraga, rasisme dan persahabatan
  • We Are Marshall (American Football) - tentang sikap pantang menyerah
  • Stick It (senam lantai) - tentang atlit pensiun yang kembali bertanding
  • Ali (tinju) - kisah Muhammad Ali, petinju legendaris Muslim
  • Cinderella Man (tinju) - kisah petinju legendaris Amerika James Braddock yang bertinju sekaligus bekerja sebagai kuli untuk menghidupi keluarganya (ceritanya bagus banget lo!)
  • Goal I (sepakbola) - kisah pemain bola yang mengadu nasib ke daratan Inggris
  • Goal II (sepakbola) - sekuel goal 1
  • The Rookie (Baseball) - tentang keluarga dan keberanian mengejar mimpi
  • The Replacements (American football) - tentang respek terhadap pelatih dan tim
  • Pacing the Giant (American football) - tentang spritualitas dalam olahraga
  • Driven (F1) - tentang pembimbingan dan persaingan yang sportif
  • Chok Dee (Thai Boxing) - tentang suka duka menjadi atlit beladiri
  • Garuda di dadaku - masa nggak ada yang tau sih ?
  • King - ini tentang bulutangkis, layak tonton juga !
  • etc.....
ada yang lain ...?



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar